Saturday, February 27, 2016

Asal Mula Aku dan Blog Saling Mengenal



Sejak menjadi jurnalislah aku mengenal yang namanya blog. Semua itu berawal dari salah seorang teman yang mengajarinku mengenai dunia “dolar” di dunia maya melalui one click. Asal mulanya, aku mulai menulis di blog melalui salah satu website yang menawarkan gratis, sayang itu sudah tutup karena bangkrut. Entah kenapa, di saat yang bersamaan, aku juga menyimpan beberapa tulisan di platform blog yang berbeda, tetapi beberapa tulisan yang di tempat penyediaan gratis bangkrut itu, aku tidak bisa menyelamatkannya.


Sebenarnya aku juga tidak tertarik dengan yang namanya “dolar” dunia maya. Walaupun demikian aku juga pernah mendapatkan satu kali, SENENG banget rasanya! Awal mula, aku nge-blog dikarenakan aku suka sebel dengan server kantor yang suka bermasalah, terus data-data di computer yang bisa hilang dengan sendirinya. Terus unek-unek itu, aku sampaikan ke salah satu kawanku. Nah, dia menyarankan aku menyimpan data melalui blog. Ide tersebut cemerlang juga, selain bisa menyimpan data-data tulisan yang berjibun. Tulisan itu juga abadi, karena kalau di koran pasti “hilang” di makan waktu, memangnya ada koran lama yang disimpan terus-terusan.

Lalu, mulailah aku nge-blog. Ada sesuatu yang berbeda tentunya dalam dunia blogger. Aku mulai menyukai tulisan-tulisanku dikunjungin oleh beberapa orang. Bahkan, karena blog pula aku jadi tempat curhat (curahan hati) beberapa orang yang mengalami masalah kehidupan. Aduh, padahal, aku tidak memiliki pengalaman.

Berhubung ini tema mengenai cerita asal mula nge-blog, tidak ada salahnya challenge satu ini juga dilanjutkan dengan proses berlangsungnya selama nge-blog. Bayangkan saja, niatan awal hanya menyimpan tulisan-tulisanku yang sudah dimuat di koran harian, tempatku bekerja dulu. Terus, tulisan itu masih tersimpan hingga sekarang dan masih banyak orang yang membacanya. Siapa coba yang tidak senang, tulisan itu memang abadi, sampai kita tak bernyawapun mereka yang masih bernafas akan tetap bisa membaca karya kita. LUAR BIASA bukan?

Aku mulai ngeblog di tahun 2007-an, blog pertamaku kuberi nama hal-wanita.blogspot.com or bisa click langsung disini jika ingin bertandang kesana. Pasti bertanya, kenapa memberikan nama seperti itu? Hal itu karena dulu, aku ditugaskan untuk meliput life style, terus berubah-ubah penempatan dari ekonomi, kriminal, hingga pemerintahan. Walaupun begitu karena sudah terlanjur menggunakan link yang tidak bisa diganti, aku nikmatin saja.

Lalu, aku mulai membuat blog yang lain, dimana blog ini aku buat berdasarkan keinginanku untuk menulis yang bukan berkaitan dengan dunia pekerjaanku. Jadilah kuberi nama diary-citra. Disini, aku bebas menuliskan apa saja yang aku suka, awalnya memang berniat hanya untuk sekedar menuliskan unek-unek, tetapi blog ini terus saja banyak dikunjungin. Walaupun mereka enggan berkomentar secara langsung, soalnya kebanyakan melalui e-mail untuk berkomunikasi denganku.

Idih, aku ini termasuk salah seorang yang tidak puas dan “serakah” dalam penggunaan blog, terus saja ada nama yang baru yang kubuat dan aku putuskan di tahun 2016, sudah cukup untuk mengaktifkan beberapa saja yang “sayang” untuk dibuang yakni citra-pandiangan (awalnya dibuat untuk summery beberapa tulisan yang aku tidak bisa menulisnya di blog diary-citra, karena “mantan2 suka banget membaca tulisan disitu”), holiday yuk (niat awalnya untuk memperkenalkan batam dan bintan, tetapi karena lain hal jadi tidak terurus dan di tahun 2015, berusaha untuk tidak menganak tirikan beberapa blog yang sudah dibuat), citra porfolio niatnya untuk memberikan porfolio di surat lamaran tetapi seiring waktu malah tidak dimanfaatkan dengan baik.

Lalu ada ini-jurnalku, yang ingin difokuskan mengenai pembahasan antara aku, kamu dan mereka dalam bahasa indonesia yang jelas, tetapi malah tidak terurus. Hal ini, karena diary-citra terlalu banyak pengunjungnya dan membuatku tidak bisa bebas mengeluarkan unek-unekku. Soalnya, gara-gara diary-citra dan hal-wanita ini aku menjadi tempat curhat dan banyak teman-teman baru yang notabennya luar negeri sering bertandang kesana dan menjadi teman.

Karena itulah, ini-jurnal untuk menumpahkan unek-unek yang tidak banyak diketahui oleh teman-teman dunia mayaku. Pasalnya, hanya 3 blog saja begitu terupdate secara otomatis langsung terposting ke sosmed yakni hal-wanita yang kini berubah slogan menjadi dunia wanita masa kini; diary-citra; dan my adventure life.

Pasti bingung ya, kenapa banyak banget. Aku sendiri tidak sadar asal mula kenapa aku sampai memiliki beragam blog, tetapi karena sudah terlanjur dibuat dan sayang untuk dibuang. Akhirnya di tahun 2016, semua blog tidak akan dianak tirikan lagi. Jadi, tempat-tempat ini bisa dijadikan tempat untuk mengikutin kontes blog, lomba blog, give a way yang disesuaikan temanya dengan tema-tema yang ada di blogku ini.

Jadi, jangan merasa dianak tirikan jika postingan blog untuk lomba berbeda di setiap blog yang kupunya, karena mereka akan mendapatkan giliran untuk mendapatkan “status” update. Begitulah, asal mula aku nge-blog. Berawal hanya untuk menyimpan data, jadi “serakah” dan kini berjuang untuk mengatifkan semuanya secara bergantian. Karena semua itu hanya terjadi pada satu kalimat saja, “Terlanjur sayang” heheh. Sekian tulisan singkat sejarah diriku memulai blog. Oh iya, tulisan ini dibuat berdasarkan sebuah event bertajuk: Blogger Kekinian Challenge. 


Link Blogger Kekinian Challenge

2 comments:

  1. Waah,, mantaplah mbak yang satu ini, punya banyak blog dan semuanya bisa terurus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, biasa saja mbak, menulis sudah bagian dari "udara" bukan hehehe

      Delete